Mengkonsumsi Buah Buahan Sangat Penting Selama Puasa

Mengkonsumsi Buah Buahan Sangat Penting Selama Puasa

Saat berpuasa terkadang membuat tubuh kita akan menjadi lebih lemas, karena kekurangan asupan diwaktu kita makan sahur ataupun saat berbuka puasa. Dari kejadian seperti ini, kita harus menjaga agar tubuh tetap sehat selama berpuasa dan tidak kekurangan asupan gizi, vitamin, dan serat dalam tubuh. Yaitu salah satunya mengkonsumsi buah buahan saat sahur dan buka puasa.



Dari beberapa pakar kesehatan ahli gizi, menyarankan agar selama puasa harus memperbanyak mengkonsumsi buah buahan pada saat berbuka puasa dan sahur. Dari rasa manis yang terkandung dalam berbagai buah buahan menjadi pelengkap menu buka puasa dan sahur.

Buah buahan adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik dikonsumsi. Jika pada saat berbuka puasa, anda meneguk atau meminum segelas jus buah, maka dengan seketika energi dalam tubuh akan bertambah.

Jenis buah apa saja yang baik dikonsumsi selama berpuasa?


Banyak sekali jenis buah buahan yang baik dikonsumsi selama berpuasa, namun dari jenis buah buahan tersebut belum tentu memiliki gizi yang cukup saat berpuasa. Berikut adalah buah buahan yang di anjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Kurma
Kurma merupakan jenis buah paling kaya kandungan gula glukosa. Kurma memiliki kandungan terbesar gula, berkisar antara 75-87%. Sekitar 55% gula dalam kurma berbentuk glukosa, 45% lagi membentuk Fruktosa . Selain itu kurma memiliki kandungan protein, lemak, dan beberapa vitamin antara lain : Vitamin A, B2, B12. Dan kurma juga mengandung mineral, terutama kalsium, fosfor, potassium, sulfat, sodium, magnesium, coblat, zinc, florin, kuningan, mangnese serta sejumlah selulosa . Dengan sangat cepat glukosa dalam kurma yang disantap saat buka puasa akan berubah menjadi fructose , lalu langsung diserap melalui sistem pencernaan untuk menyirami dahaga.

Pepaya
Buah pepaya mengandung vitamin C dan ptovitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan dan memperlancar saluran pencernaan. Bagi anda yang berpuasa buang air besar akan tetap lancar.

Pisang
Buah pisang mengandung vitamin A, B1, B2 dan C yang dapat membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Mangga
Mangga salah satu buah yang mudah diperoleh di Indonesia, buah memiliki kandungan vitamin A, E dan C yang dapat membersihkan darah kotor.

Bagi orang yang berpuasa, mengkonsumsi buah buahan dapat mengurangi dehidrasi, namun bagi anda yang memiliki lambung yang sensitif, berhati hatilah dalam mengkonsumsi buah buahan.

Strawberry
Buah imut berwarna merah yang kaya vitamin A, B1, B, C serta antioksidan bagus untuk melawan zat radikal bebas. Sehingga orang yang berpuasa dapat terjaga dari virus.

Apel
Jenis buah ini telah terkenal akan manfaatnya, dengan kandungan vitamin A, B dan C . Apel dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah, mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar.

Jeruk
Buah identik dengar warna oranye ini, mengandung vitamin A, B1, B2, dan C serta antikanker bagi tubuh. Jeruk juga dapat merangsang kekebalan dalam tubuh, membersihkan lendir ditenggorokan, rongga hidung akibat influenza.

Belimbing
Inilah buah berbentuk bintang yang mengandung vitamin C dan provitamin A . Dengan manfaat dapat membantu melancarkan pencernaan makanan, menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh.

Blewah
Blewah yang sering didekatkan dengan nama sepupu melon ini kaya dengan vitamin A. Dan rasa manis pada buah ini mempunyai fungsi absorpsi atau melakukan penyerapan pada usus yang sering diakibatkan maksn tergesa gesa sehingga makanan tidak terkunyah dengan baik. Mengkonsumsi buah ini juga membantu menyerap zat zat yang tidak diperlukan dari makan makanan yang berbumbu.

Dari beberapa jenis buah buahan yang saya sebutkan diatas bisa membantu anda untuk tetap berpuasa, dan menjaga tubuh anda tetap sehat kuat menjalani puasa penuh. Karena dengan memakan makanan buah buahan tersebut, kebutuhan asupan gizi dan vitamin dapat dilengkapi dengan buah buahan.

Akan tetapi jika anda memiliki lambung yang sensitif, jangan mengkonsumsi buah buahan tersebut. Karena bisa mengganggu kesehatan anda sendiri.

Comments

Iklan

Popular Posts

Nutrisi Dan Vitamin Pada Sayuran Bayam Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Obat Sederhana Yang Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah (DBD)

Biasakan Minum Air Putih Di Pagi Hari Dan Rasakan 7 Manfaatnya

Bekicot Atau Siput Darat Berguna Untuk Mengobati Luka pada Kulit

7 Manfaat Buah Mangga Untuk Tubuh Anda

6 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Disaat Bekerja