Cukupi Kebutuhan Serat untuk Tubuh Agar tidak Timbul ke 5 Resiko Ini

Cukupi Kebutuhan Serat untuk Tubuh Agar tidak Timbul ke 5 Resiko Ini

Untuk tubuh tetap sehat, kita harus mencukupi kebutuhan serat makanan. Karena jika kekurangan serat, tubuh kita bisa terjangkit berbagai resiko yang bisa membahayakan kesehatan kita yang dimulai dari masalah pencernaan hingga kanker. Maka dari itu sangatlah penting untuk mencukupi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi makanan berserat dari 20-25 gram serat perhari .



Bagaimana cara mencukupi kebutuhan serat?

$a={1}
Mencukupi serat bukanlah hal yang sulit, karena mungkin kita sering menemukan makanan ini setiap hari, namun kita tidak tahu akan kandungan kandungannya atau kita tidak memakannya karena tidak suka. Jenis makanan yang mengandung serat adalah seperti, buah buahan, sayur sayuran, biji bijan dan kacang kacangan. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut dengan tidak sadarnya kita telah mencukupi kebutuhan serat untuk tubuh kita.

Tapi jika kita tidak memakan makanan tersebut atau tidak bisa mencukupi kebutuhan serat untuk tubuh, maka resiko yang akan timbul pada tubuh kita sangatlah terbilang bahaya. Karena dari jenis resiko kekurangan serat bisa menghilangkan nyawa kita sendiri.

Penyakit apa sajakah, yang bisa timbul akibat kekurangan serat?


Disini saya akan menjelaskan resiko tubuh akibat kekurangan serat, yaitu sebagai berikut :
$ads={1}
  1. Gangguan Pencernaan
  2. Seperti yang sering kita alami dalam kehidupan sehari hari dengan jenis gangguan ini, seperti susah buang air besar dan sakit perut. Jenis gangguan ini bisa terjadi akibat kekurangan asupan serat dalam tubuh kita.

    Memakan makanan tidak berserat namun tinggi lemak bisa menjadi gangguan terhadap pencernaan dan meningkatkan resiko sembelit (Konstipasi), penyakit divertikular dan wasir . Dan yang harus kita ketahui bahwa serat memiliki dua macam yaitu, serat larut dan serat tidak larut .

  3. Penyakit Kardiovaskular
  4. Akibat dari kekurangan serat dalam makanan, beresiko peningkatan kadar kolestrol dan LDL dalam darah. Secara signifikan meningkatnya resiko penyakit arteri, seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Padahal jika anda mengkonsumsi makanan berserat larut seperti buah jeruk, pir, kacang kacangan dan gandum, akan membantu mengikat kolestrol jahat dan LDL dalam tubuh. Sehingga mengurangi timbulnya penyakit kolestrol jahat.

  5. Berat Badan Berlebih
  6. Jika tubuh telah tercukupi serat, maka dengan sedikit makan saja anda sudah merasa kenyang, namun sebaliknya jika anda tidak bisa mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh, anda akan merasa lapar terus menerus dan berakhir dengan obesitas.

    Mengapa bisa demikian?
    Karena makanan berserat tinggi memerlukan lebih lama untuk dicerna, dibanding dengan karbohidrat olahan dan gula. Oleh karena itu, orang yang kekurangan serat pasti memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas, berbeda dengan orang yang seratnya tercukupi pasti memiliki tubuh yang ideal. Dan cocok untuk anda yang ingin diet, maka cukupilah kebutuhan serat untuk tubuh anda.

  7. Disbetes
  8. Naiknya gula dalam darah bisa terjadi akibat makanan yang kita konsumsi tidak memiliki serat, dan hanya mengandung karbohidrat olahan dan gula. Sehingga karbohidrat olahan dan gula cepat dicerna dan menyebabkan naiknya gula dalam darah.

    Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi, bisa membantu anda untuk terjadinya diabetes.

  9. Kanker
  10. Seperti pada resiko yang pertama yaitu gangguan pencernaan akibat kekurangan serat adalah kanker usus dan kanker lambung. Maka dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi bisa terhindar dari penyakit ini. Karena makanan serat yang kita konsumsi akan mampu untuk membasmi racun pada usus sehingga rendah terjadinya kanker.


Dengan mengetahui ke 5 resiko diatas mudah mudahan membuat anda untuk tetap memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh agar bisa terhindar dari ke 5 penyski tersebut dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi.

Comments

Post a Comment

- Baca Dulu Sebelum Berkomentar -
--------------------------
- Berkomentar lah dengan sopan
- Tidak memakai kata baku
- No bully
- Spam
- Link aktif
- Link nonaktif
- Maaf komentar dengan link akan saya hapus

Iklan

Popular Posts

Nutrisi Dan Vitamin Pada Sayuran Bayam Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Obat Sederhana Yang Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah (DBD)

Biasakan Minum Air Putih Di Pagi Hari Dan Rasakan 7 Manfaatnya

Bekicot Atau Siput Darat Berguna Untuk Mengobati Luka pada Kulit

7 Manfaat Buah Mangga Untuk Tubuh Anda

6 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Disaat Bekerja