5 Tips Agar Tetap Sehat selama Berpuasa dibulan Ramadhan

5 Tips Agar Tetap Sehat selama Berpuasa dibulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah bagian kewajiban yang harus dikerjakan umat muslim, dan pada Bulan Ramadhan umat muslim terbiasa melakukan puasa selama sebulan penuh.



Untuk menjaga agar badan tetap sehat ketika berpuasa, hal yang penting dilakukan adalah memperhatikan pola makanan saat sahur dan berbuka puasa.

Berikut pola makanan yang harus anda perhatikan :

  1. Penuhi kebutuhan protein dan serat pada waktu sahur.

  2. Makanan yang memiliki serat dan protein ketika anda makan saat sahur, bisa membantu agar badan tetap segar dan fit. Dan makanan makanan yang memiliki protein tinggi bisa anda temukan pada telor, yogurt, kacang kacangan, biji bijian, sayuran dan lain sebagainya.

  3. Hindari makan berlebihan ketika buka puasa.

  4. Saat berpuasa rasa lapar dan haus sangat membara dalam diri kita, ketika waktu berbuka puasa tiba pasti kita ingin memakan semua hidangan yang ada pada meja makan. Hal ini salah jika anda lakukan, pada waktu berbuka puasa. Karena bila pola makan saat berbuka menjadi berlebihan, bisa berakibat buruk bagi kesehatan pada saat puasa.

    Maka sebaiknya sebelum anda menyantap hidangan yang sudah disedikan, harap perhatikan bahwa makanan tersebut tidak mengandung kalori yang tinggi.

  5. Hindari makanan berkalori tinggi.

  6. Pada saat berbuka puasa sebagian besar orang berbuka menggunakan makanan ringan atau cemilan yang tidak jelas dengan kandungan nutrisinya. Dan dari makanan tersebut bisa terdapat berbagai jenis gejala penyakit berbahaya yang mengintai kesehatan anda.

    Akan Saya jelaskan, Bahwa makanan yang berkalori tinggi bisa anda temukan pada makanan seperti, kue, cemilan dan lain sebagainya. Dari segala makanan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda, terutama obesitas.

    Maka sebaiknya sebelum anda memakan makanan cemilan atau kue kue yang tidak jelas, lakukanlah berbuka dengan memakan beberapa biji kurma atau almond. Karena dari buah tersebut telah jelas kandungan dan manfaatnya.

  7. Jaga suhu tubuh agar tetap fit.

  8. Hal ini memang sulit dilakukan bagi anda yang bekerja pada bagian lapangan. Karena bekerja dilapangan sebagian besar berada pada suhu yang panas, maka badan akan cepat dehidrasi.

    Dari kejadian ini bisa anda cegah dengan tidak melakukan minum kopi dan teh pada saat sahur. Karena jika melakukan hal tersebut bisa membuat anda cepat haus dan lapar pada suang harinya.

  9. Puasa sesuai kemampuan.

  10. Usia, kondisi badan yang tidak fit atau wanita hamil tidak dianjurkan untuk tetap memaksakan puasa sehari penuh, lakukanlah puasa sesuai dengan kemampuan fisik.


Itulah 5 Tips Agar Tetap Sehat selama Berpuasa dibulan Ramadhan , yang bisa saya tuliskan bagi anda agar tetap bisa melakukan puasa sebulan penuh.

Comments

Iklan

Popular Posts

Nutrisi Dan Vitamin Pada Sayuran Bayam Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Obat Sederhana Yang Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah (DBD)

Biasakan Minum Air Putih Di Pagi Hari Dan Rasakan 7 Manfaatnya

Bekicot Atau Siput Darat Berguna Untuk Mengobati Luka pada Kulit

7 Manfaat Buah Mangga Untuk Tubuh Anda

6 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Disaat Bekerja